Lokasi Tambang Emas Aceh

Lokasi Tambang Emas Aceh – Meskipun Aceh pernah mengalami bencana besar tsunami namun potensi alamnya tetap masih sangat banyak dan bisa dimanfaatkan dengan sangat baik untuk masyarakat. Tambang emas Aceh Pidie Barat adalah salah satunya, potensi alam yang menghasilkan emas melimpah. Namun sayangnya tambang emas ilegal sangat banyak si pelosok Provinsi Aceh.

Lokasi tambang emas Aceh Selatan juga salah satu yang ramai dihentikan pemerintah akibat penambangan liar masyarakat yang tidak bertanggung jawab. Adapun kota lain yang juga dihentikan karena alasan yang sama adalah daerah Aceh Barat, Aceh Jaya, Pidie, Nagan Raya, dan juga Aceh Tenggara serta masih banyak lagi daerah lainnya. Untuk lebih jelasnya di bawah ini saya akan mengupas mengenai Lokasi Tambang Emas Aceh :

Lokasi Tambang Emas Aceh

Lokasi Tambang Emas Aceh

Tambang emas di Aceh Selatan tumbuh besar penambang ilegal yang berada diberbagai kecamatan seperti di Sawang dan Manggamat. Di daerah ini penambangan emas masih dilakukan dengan cara tradisional, emas diambil di sungai dengan mesin penyedot.

Akibat proses penambangan emas di Aceh air sungai menjadi tak lagi jernih, air sungai berubah menjadi keruh, sehingga penduduk tidak bisa memanfaatkan air sungai untuk berbagai manfaat lain. Sedangkan penduduk memerlukan air sungai jernih untuk kebutuhan rumah tangga, yang sebagian penduduk bergantung di sungai tersebut.

Proses penambangan emas di Aceh juga dilakukan dengan mesin pompa dengan menyedot pasir bercampur bijih emas. Dan daerah yang banyak dilakukan penambangan seperti ini adalah daerah Lawet, Pulo Teungoh, dan Canggai.

Para penambang emas aceh tidak berfikir bahwa sebagian besar masyarakat sangat membutuhkan air sungai sebagai kebutuhan sehari-hari. Sebelum ilegal hadir di daerah tersebut air sungai di tempat itu sangat jernih dan bisa digunakan berbagai hal.

Tentunya kita semua mengharapkan sungai-sungai di Aceh tidak tercemar, akibat adanya pertambangan ilegal. Pemerintah diharapkan bisa bertindak tegas terhadap hal ini. kita semua harus menyadari bahwa sungai dan hutan lindung sangat penting untuk kesejahteraan binatang dan tumbuhan.

Jika penambangan liar ini terus terjadi, maka kemungkinan bencana banjir, dan bisa menghanyutkan lahan pertanian dan perkebunan penduduk. Hal ini tentu sangat kita waspadai, semoga mereka yang melakukan eksploitasi alam secara berlebihan segera sadar.

 

Artikel Terkait :

Related Posts:

Sejarah Lokasi Tambang Emas Di Sulawesi

Tambang Emas Sulawesi Utara –  Sulut merupakan salah satu tambang...

Tambang Emas di NTB

Tambang emas NTB – Lokasi penambangan emas selalu difokuskan di...

Sejarah Tambang Emas Di Indonesia

Sejarah Tambang Emas Indonesia – Produksi emas bukanlah hal baru...

Theme Settings