Lokasi Tambang Emas di Bengkulu

Lokasi Tambang Emas Bengkulu

Lokasi Tambang Emas Bengkulu- Bengkulu adalah sebuah provinsi yang kaya akan sumber daya alam. Bahkan telah tercatat sebagai penghasil tambang batu bara, karet,minyak kelapa sawit dan menyimpan kandungan emas dalam jumlah besar. Namun, potensi ekonomi ini berada di dalam kawasan hutan lindung Kabupaten Seluma.

Potensi emas itu, untuk saat ini belum bisa digali karena kendala izin pinjam pakai lahan yang dikuasai Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup (KLHK). Luas diajukan Usaha Pertambangan (IUP), mencapai 30.000 hektare. Telah ada satu perusahaan Penanam Modal Dalam Negri mengajukan, Tetapi belum kami proses, karena sebagian besar lahan ada di kawasan kuasa Negara.

Pada Zaman pendudukan Inggris, Bengkulu pernah menjadi wilayah penghasil emas. Sebagai bukti daerah ini menghasilkan emas bermutu tinggi, adalah sumbangan Provinsi Bengkulu kepada PresidenSukarno, saat berencana membangun tugu, Monumen Nasional (Monas) di Jakarta.

Terlepas dari itu, ternyata dulu semenjak penjajahan Kolonial belanda selalu mengambil keuntungan menambang emas di negeri kita ini. Karena masyarakat bengkulu, masih belum tau untuk mengolah logam yang ada dibebatuan. Itulah penyebab zaman dahulu, emas yang dimiliki wilayah selalu dimanfaatkan.

Setelah, Kemerdekaan Indonesia banyak masyarakat mampu untuk mengolah tambang, pada tempat peninggalan belanda tersebut. Ada banyak Lokasi Tambang Emas Bengkulu, salah satunya adalah, berada di Kabupaten Lebong.

 

Baca Juga : Pengolahan Tambang Emas yang Baik dan Benar

 

Berikut ini adalah penjelasan mengenai Lokasi Tambang Emas Bengkulu yang berada di Kabupaten Lebong :

Lokasi Tambang Emas Bengkulu

Kabupaten Lebong-Bengkulu, Warga masyarakat Muara Aman, Kecamatan Lebong Utara. menemukan bangunan kuno dan alat penambang emas, diduga bekas kolonial Belanda sekitar tahun 1916. Kemudian ditemukan dalam goa lobang kaca mata, dilengkapi dengan dinding pengaman terbuat dari besi.

Sebuah bukit yang sudah bolong rencananya akan dilestarikan dan kerja sama dengan Negara Belanda, agar cadangan emas dapat diamankan. Tempat yang diduga masih menyimpan kandungan emas cukup banyak itu, ditambang Belanda sekitar tahun 1905-1913, karena masih terdapat tulisan pada dinding batu, di dalam bukit Gua Lobang Kaca mata tersebut.

Kesejahteraan Lokasi Tambang Emas Bengkulu yang berada di Kabupaten Lebong, sebagai daerah yang memiliki potensial alam, sumber daya mineral sudah dikenal sejak zaman dahulu. semenjak kolonial Belanda ada di Indonesia, bukti kejayaan sampai sekarang, masih terlihat sisa peninggalan tambang emas.

Sampai saat ini, tambang emas masih dimanfaatkan oleh masyarakat. Bahkan dieksplorasi oleh pihak swasta dengan izin dari Pemerintah Kabupaten Lebong. Salah satu seorang penambang tradisional, Berada di kawasan itu, mengatakan walaupun lokasi itu akan dikelola pemerintah.

Namun, para penambang tetap diberikan kesempatan mengais rezeki mencari logam kuning ini.  Kami para penambang, jumlahnya mencapai ratusan orang, terbanyak berada di sekitar lubang kaca mata tersebut, karena masih banyak sisa penambang terdahulu.

KESIMPULAN : Demikian, artikel yang dapat saya sampaikan mengenai Lokasi Tambang Emas Bengkulu yang berada di Kabupaten Lebong tersebut. Ternyata, banyak sekali peninggalan sejarah dari belanda, dari goa maupun peninggalan tambang emas yang pernah mereka gali dulu. Kabupaten Lebong adalah tambang emas yang terbesar di Bengkulu.

 

Artikel Terkait :

Related Posts:

Lokasi Tambang Emas di Jawa Barat

Bagaimanakah Lokasi Tambang Emas di Jawa Barat

Lokasi Tambang Emas di Jawa Barat – Jawa Barat, merupakan...

Lokasi Tambang Emas Terbesar di Dunia

Berikut ini Adalah Lokasi Tambang Emas Terbesar di Dunia

Lokasi Tambang Emas Terbesar di Dunia – Sejak zaman dahulu...

3 Lokasi Tambang Emas di Sumatera Barat

Lokasi Tambang Emas di Sumatera Barat – Sumatra Barat adalah...

Theme Settings