Bagaimanakah Lokasi Tambang Emas di Jawa Barat

Lokasi Tambang Emas di Jawa Barat

Lokasi Tambang Emas di Jawa Barat – Jawa Barat, merupakan provinsi di Indonesia. Ibu kotanya berada di Kota Bandung, Perkembangan Sejarah menunjukkan bahwa, jawa barat adalah Provinsi yang pertama dibentuk wilayah Indonesia (staatblad Nomor : 378).
Berdasarkan UU No.11 Tahun 1950, tentang Pembentukan Provinsi Jawa Barat merupakan jumlah penduduk terbanyak di Indonesia.

Tepat di Bagian barat laut, berbatasan langsung dengan Daerah Khusus Ibukota Jakarta . Pada tahun 2000, jabar berkembang dengan adanya Provinsi Banten, terletak dibagian barat. Pada saat ini, telah ada rencana untuk merubah nama menjadi Provinsi Pasundan.

Kemudian, penemuan di Anyer menunjukkan adanya logam, perunggu dan besi. Gerabah tanah liat prasejarah zaman Bumi (Bekasi kuno), dapat ditemukan merentang dari Anyer sampai Cirebon. Pada abad ke-5 Prasasti peninggalan Kerajaan Tarumanagara banyak tersebar di Jawa Barat.

Telah banyak di berbagai wilayah, dapat kita temukan peninggalan kerajaan tarumanagara. Hingga saat ini, kita dapat menemukan lokasi tambang emas seperti, di terowongan yang mengandung logam emas, perak.

Selanjutnya, pasti kita ingin mengetahui dimana Lokasi Tambang Emas di Jawa Barat yang banyak mengandung emas. Nah, saya akan memberi sedikit informasi di bawah ini:

Lokasi Tambang Emas di Jawa Barat

Sejarah Pertambangan Emas Pongkor Menjadi ‘Legenda’

Wilayah Gunung Pongkor, di kawasan Taman Nasional Gunung Halimun-Salak, Kabupaten Bogor, Jawa Barat jadi ‘legenda’ tempat penambang emas. Kawasan ini, sejak berpuluh tahun lalu jadi saksi maraknya penambangan emas liar, hingga telah banyak korban.

Kegiatan di Lokasi tambang emas di Jawa Barat , bawah tanah di Pongkor disebut yang terbesar se-jawa, dan sudah mencapai usia empat dekade. Pada 1974, geologis Antam melakukan kegiatan eksplorasi dan berhasil menemukan base metal. Hasil yang dilakukan pada tahun 1981-1982 menunjukan di Gunung Pongkor terdapat kadar buih 4 gpt Emas, 126 gpt perak. Kegiatan eksplorasi pun mulai dilakukan pada 1988-1991.

Ternyata, kapasitas produksi Pongkor saat itu sudah mulai mencapai, 2,5 ton emas per tahun. Kemudian, pada tahun 1997 lebih meningkat menjadi 5 ton emas per tahun. Namun, selama 18 tahun berselang tahun ini hanya mampu menargetkan produksi emas 1,4 ton emas.

Pada 3 Desember 1998, telah terjadi aksi anarkis di area pertambangan emas milik antam. ‘’Oknum Peti membakar tambang Pongkor’’. Hal ini muncul karena, rasa tidak terima para peti atas penangkapan rekannya yang menambang di area Pongkor.

Kawasan ini, memang menjadi utama bagi warga dari berbagai daerah untuk mengadu nasib mencari emas. Pada akhirnya Bekas lubang galian ditutup permanen dengan cara back filling dan ada lokasi yang kami pertahankan untuk mendirikan badan diklat pertambangan bawah tanah.

 

Kesimpulan : Demikian, informasi Lokasi Tambang Emas di Jawa Barat. Kita telah tahu bagaimana kondisi warga disana dan asal muasal tambang itu dari mana. Semoga apa yang telah saya sampaikan bermanfaat bagi Anda.

 

Artikel Terkait :

“3 Lokasi Tambang Emas di Sumatera Barat

Teknik Pengolahan Emas Sistem Siraman

Related Posts:

3 Lokasi Tambang Emas di Sumatera Barat

Lokasi Tambang Emas di Sumatera Barat – Sumatra Barat adalah...

Lokasi Tambang Emas Terbesar di Dunia

Berikut ini Adalah Lokasi Tambang Emas Terbesar di Dunia

Lokasi Tambang Emas Terbesar di Dunia – Sejak zaman dahulu...

Lokasi Tambang Emas Bengkulu

Lokasi Tambang Emas di Bengkulu

Lokasi Tambang Emas Bengkulu- Bengkulu adalah sebuah provinsi yang kaya...

Theme Settings